Pengalamanku seputar Teknik Komputer dan Jaringan (SMKN 2 BOJONEGORO) part 2



Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan saya untuk menyambung tulisan saya yang sebelumnya. Jika kalian belum baca mengenai Pengalamanku seputar Teknik Komputer dan Jaringan (SMKN 2 BOJONEGORO) part 1  bisa membacanya disini

Oke langsung saja , kali ini saya akan bercerita tentang apa saja yang dipelajari di TKJ khususnya di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Karena saya adalah angkatan terakhir yang menggunakan KTSP maka saya akan share pengalaman saya dengan kurikulum KTSP. Disini mata pelajaran kejuaran dibagi menjadi dua yaitu Produktif dan Muatan Lokal. Pada produktif kita akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan Komputer dan Jaringan baik hardware maupun software. Pengalaman pertama kali yang saya dapatkan ketika masuk pertama di mata kuliah produktif adalah merakit PC disusul menginstall Sistem Operasi , dan seterusnya sampai sekarang kelas 3 saya tiba pada materi Server.

Di SMK siswa tidak melulu diajarkan teori tapi juga diimbangi dengan praktek. Seperti pada gambar , setelah merakit komputer siswa kemudian menginstall sistem operasi di Komputer tersebut. Kebetulan saat itu siswa sedang menginstall sistem operasi linux Ubuntu. Setelah menginstall siswa biasanya diminta oleh sang guru untuk menginstall beberapa service kemudian mengkonfigurasinya sampai berjalan.

Untuk muatan lokal siswa biasanya belajar ilmu-ilmu yang masih berhubungan dengan komputer seperti Design Grafis , Animasi , Web Design , Pemrograman , Multimedia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin sekian dulu yang dapat saya bagikan pada posting kedua ini. Nantikan kisahku di posting "Pengalamanku seputar Teknik Komputer dan Jaringan (SMKN 2 BOJONEGORO) part 3" . Oke kawan ? Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pengalamanku seputar Teknik Komputer dan Jaringan (SMKN 2 BOJONEGORO) part 2"

Post a Comment