Apa Saja Jalur Masuk ke Politeknik ?



Hay teman-teman semuanya khususnya yang tahun ini akan lulus dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat. Tentunya kalian sudah mulai bingung memikirkan masa depan kalian apakah akan langsung bekerja , berwirausaha, atau melanjutkan. Bagi mereka yang lulusan SMK yang sudah sudah dibekali kemampuan tingkat madya sesuai dengan kopetensi keahlian yang mereka ikuti tentunya mencari kerja tidak sesusah apa yang harus dirasakan anak-anak SMA dan MA.

Bagi mereka yang punya kemampuan ekonomi lebih dan kemampuan manajerial yang baik tetapi malas berpikir lagi pasti akan memilih berwirausaha. Lantas bagaimana dengan mereka yang belum punya skill ? Melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi adalah jawabannya.

Banyak sekali perguruan tinggi yang ada di Indonesia ini dan terpecah-pecah menjadi Akademi , Institute , Sekolah Tinggi , Universitas , dan Politeknik dan dari kesemuanya ini punya jalur masuknya sendiri-sendiri sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati.

Misalnya saja di Universitas dan Institut mereka punya 3 jalur yang umum digunakan untuk masuk kesana yaitu SNMPTN (seleksi menggunakan raport semester 1-5 ditambah dengan prestasi siswa) , SBMTPTN (seleksi test tulis secara nasional) , dan Jalur Mandiri ( jalur yang ditetapkan sendiri sendiri oleh Universitas atau Institut yang bersangkutan). 

Lalu bagaimana untuk Politeknik ? Tenang saja , pada postingan kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang jalur masuk yang disediakan untuk Politeknik. Jalur masuk politeknik sendiri ada PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) . Pada seleksi ini , seleksi dilakukan secara nasional dengan pusat server berada atau berpusat di kampus PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) untuk tahun Akademik 2015/2016 ini. Seleksi dilakukan dengan menggunakan nilai raport mulai semester 1 sd semester 5 dengan menimbang pula pada prestasi sekolah dan pencapaian siswa di berbagai ajang kompetisi yang pernah di ikuti. Pada seleksi PMDK siswa diperbolehkan memilih 3 Prodi dari 2 Politeknik yang berbeda. Untuk daftar dan informasi lebih lanjut mengenai PMDK bisa dilihat di : http://pmdk.politeknik.or.id/

Untuk jadwal-jadwal penting seputar PDMK bisa dilihat dibawah ini :




Untuk daftar politeknik yang melayani pendaftaran melalui PMDK bisa dilihat di :


Jalur kedua setelah PMDK adalah UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri). Untuk seleksi yang satu ini juga dilakukan secara Nasional. Tapi bedanya metode yang digunakan untuk seleksi adalah Test Tulis (mirip SBMPTN). Siswa akan bersaing dengan jutaan rekan mereka di seluruh Indonesia untuk bisa masuk ke politeknik yang mereka inginkan.

Jalur ketiga yang umum dipakai adalah Jalur Mandiri. Jangan disangkan jalur Mandiri hanya milik Universitas dan institute , Politeknikpun punya jalur mandiri seperti halnya dua saudaranya. Salah satu jalur mandiri yang pernah saya dengar adalah UMPENS. Itu adalah jalur mandiri untuk masuk ke PENS.

Sekian postingan dari saya , semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. jangan lupa untuk meninggalkan komentar. Tetap semangat dan jangan menyerah , semoga kita semua lulus UN 2015 , Amin.

0 Response to "Apa Saja Jalur Masuk ke Politeknik ?"

Post a Comment