Pendidikan Karakter Ala SMK Negeri 2 Bojonegoro



Di era globalisasi ini perkembangan terjadi begitu pesat dalam segala bidang. Bahkan karakter anak-anak pun juga ikut terpengaruh oleh gerusan perkembangan zaman ini. Anak-anak zaman sekarang dinilai oleh banyak pihak punya karakter yang lemah. Menyadari keadaan itu , sekolah-sekolah kini mulai memasukkan pendidikan karakter kedalam program penddikan yang akan di ajarkan kepada siswa-siswinya.

Salah satu contoh adalah di SMK Negeri 2 Bojonegoro , salah satu SMK terbaik di kabupaten Bojonegoro atau bahkan bisa dibilang yang terbaik. Di sekolah ini banyak sekali siswa-siswinya yang berprestasi. Tak hanya di bidang Akademik , tapi juga Olahraga , dan Kesenian. Sekolah yang baru saja mendapat predikat sebagai sekolah rujukan ini punya cara tersendiri dalam penanaman karakter kepada anak didiknya.

Salah satu caranya adalah melalui pembinaan ekstrakulikuler wajib yaitu Pramuka. Melalui kegiatan pramuka karakter peserta didik dibentuk. Mereka di ajarkan untuk bekerja sama , saling tolongg menolong , saling menghargai , dan lain sebagainya.

Selain melalui kegiatan Pramuka , di sekolah yang terletak di jalan Pattimura no. 03 Bojonegoro ini anda juga bisa menjumpai banyak sekali coret-coretan di dinding. Tapi bukan sembaang coretan , coretan yang dimaksud adalah kata-kata yang berisi pendidikan karakter.

Dengan cara itu siswa yang berjalan melewatinya pasti akan membacanya. Cara ini terbukti ampuh , SMK Negeri 2 Bojonegoro tumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Kini keberadaan SMK Negeri 2 Bojonegoro mulai di sejajarkan dengan SMA/SMK/MA favorit yang ada di Bojonegoro. Sungguh sebuah capaian yang sangat luar biasa. Berkat kerja keras Kepala Sekolah , Guru , Karyawan . dan Selruh Warga SMK Negeri 2 Bojonegoro kini sekolah yang dulu nya kurang dikenal itu menjadi sekolah yang dikenal dimana-mana apalagi setelah dinobatkan sebagai sekolah rujukan.   

0 Response to "Pendidikan Karakter Ala SMK Negeri 2 Bojonegoro"

Post a Comment