SMK Negeri 2 Bojonegoro Raih Juara 3 dalam Olimpiade PPKn Se Jawa Timur



Sabtu , 21 Februari 2015 adalah hari yang bersejarah bagi SMK Negeri 2 Bojonegoro pasalnya hari itu adalah keikutsertaan pertama SMK Negeri 2 Bojonegoro dalam ajang Olimpiade PPKn Tingkat SMA/SMK/MA se Jawa Timur. SMK Negeri 2 Bojonegoro berangkat sebagai wakil dari Bojonegoro bersama dengan SMA Negeri 1 Bojonegoro (Juara 1 Tahun Lalu) dan SMAN MT Bojonegoro.

Pada perlombaan kali ini SMK Negeri 2 Bojonegoro mengirimkan satu tim yang beranggotakan Budi Santoso (XII-TKJ 1) dan Niva Fadhila (XI-TKJ 2). Perlombaan kali ini diikuti oleh 209 Tim dari berbagai sekolah di Jawa Timur. Perlombaan terbagi menjadi 3 fase yaitu fase penyisihan untuk mengambil 10 tim terbaik yang berhak lolos ke semifinal. Fase semifinal untuk menentukan 3 tim yang lolos ke babak final. Dan yang terakhir adalah fase final untuk menentukan Juara 1 , 2 , dan 3.

Diluar dugaan saat penyisihan SMK Negeri 2 Bojonegoro berada di urutan ke-6 dengan 70 poin. Alhasil sekolah ini dapat melanjutkan ke babak berikutnya yaitu babak Semifinal dalam hal ini perlombaan diwujudkan dalam bentuk Lomba Cerdas Cermat. Pada fase ini SMK Negeri 2 Bojonegoro berada di Gelombang I. Pertandingan di gelombang I ini berjalan sengit sampai pada pertanyaan terakhir baru di dapat pemenang dari gelombang I yaitu SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan total poin 200 , unggul 5 poin atas pesaing terdekatnya dan unggul 20 poin atas peringkat ketiga.

Berikutnya adalah pertandingan gelombang ke II ini , sayang sekali penulis tidak bisa menyaksikan pertandingan gelombang II ini tapi hasil yang didapat sangat fantastis tim pemenang mendapat point di atas 200 begitu juga runner up nya. Sehingga tim yang Lolos ke final adalah SMA 2 Jombang , SMA 1 Gedangan (dari gelombang II) dan SMK 2 Bojonegoro (dari Gelombang I).

Difinal pertandingan berlangsung sangat seru. Tiap tim saling bergantian memberikan komentar terhadap video yang ditayangkan. Setelah itu setiap tim dihadapkan pada sebuah permasalahan yang harus dipecahkan.

Setelah melalui serangkaian proses akhirnya di dapat Juara Olimpiade PPKn se Jawa Timur yang diadakan oleh HMPPKn ( Hima Garuda) UNESA tahun 2015 adalah sebagai berikut ;


  • Juara I dari SMA 2 Jombang
  • Juara II dari SMA 1 Gedangan
  • Juara III dari SMK 2 Bojonegoro
Selamat kepada para pemenang , semoga bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Jangan jadikan kemenangan ini untuk berhenti berinovasi untuk kemajuan bangsa.

0 Response to "SMK Negeri 2 Bojonegoro Raih Juara 3 dalam Olimpiade PPKn Se Jawa Timur"

Post a Comment