SMA 2 Jombang Sabet Juara I pada Olimpiade PPKn Tingkat Jawa Timur



Surabaya—Melalui tiga babak, akhirnya salah satu tim dari SMA 2 Jombang menjuarai olimpiade PPKn 2015 yang diadakan oleh prodi PPKn Fakultas Ilmu Sosial Unesa, Sabtu (21/2/2015). Mereka berhasil menjadi juara 1 setelah menyingkirkan 208 peserta dan berhasil menang setelah di babak final mengalahkan tema dari SMA 1 Gedangan dan SMK 2 Bojonegoro. Peserta yang datang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, antara lain Sidoarjo, Mojokerto, Tuban, Gresik, Jombang, Bojonegoro, dan Jember.

Olimpiade tersebut dilakukan secara bertim. Tiap tim terdiri dari dua orang. Pada babak penyisihan, terdapat 209 tim yang mengikuti tes tulis. Kemudian dikerucutkan menjadi 10 tim yang berhak masuk ke babak semifinal. Dalam babak semifinal ini, soal dan jawaban melalui lisan. Empat orang juri yang terdiri dari Dr. Hj. Roro Nunik Setiowati M.Si., I Made Swanda S.Pd., M.Pd., Dr. Hananto Widodo S.H., dan Dr. Hermanto M.Pd. mengajukan pertanyaan kepada peserta. Akhirnya, satu tim yang terdiri dari Mukti Tama dan Endang ditetapkan sebagai pemenang.

Adapun tema yang diangkat dalam olimpiade tersebut adalah “Wujudkan Revolusi Mental dalam Pendidikan Anak Bangsa Melalui PPKn”. Menurut ketua pelaksana, Desy Yuwafi selaku, kegiatan ini sudah berlangsung 2 kali. “Kesuksesan acara tahun lalu dan antusiasme, baik dari peserta maupun guru pembimbing mapel PPKn lah yang menjadikan acara ini bisa terselenggara kembali,” tegasnya. Dia juga menambahkan, tahun lalu hanya terdiri dari 100 tim dan tahun ini naik menjadi dua kali lipat, 209 tim.

Pada olimpiade ini peserta akan memperebutkan total hadiah senilai lebih dari 4,5 juta. Juara 1 akan mendapatkan uang sebesar 2 juta, juara 2 akan mendapatkan 1,5 juta, dan juara 3 akan mendapatkan 1 juta. “Selain peserta yang juara mendapatkan hadiah, diharapkan olimpiade ini bisa menjadikan siswa untuk lebih mencintai PPKn dan tidak meremehkannnya,” tambah Desy yang juga mahasiswa angkatan 2013.

Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan talk show yang bekerja sama dengan Ikatan Alumni PPKn. Pembiacara dalam talk show tersebut terdiri dari politisi dan pakar pendidikan. Berbeda dengan tema yang diusung dalam olimpiade, talk show mengusung tema “Ada Apa dengan Kurikulum 2013?” dengan arah pembahasan tentang problem dan jalan keluar alternatif Kurikulum 2013. (Suryo/Sandi/SR)

Sumber : http://www.unesa.ac.id/berita/201502220001/sma-2-jombang-sabet-juara-i-pada-olimpiade-ppkn-tingkat-jawa-timur.html

0 Response to "SMA 2 Jombang Sabet Juara I pada Olimpiade PPKn Tingkat Jawa Timur"

Post a Comment